Ponsel Android kecil bisa sangat besar

Selama beberapa hari terakhir, sebuah situs web baru bernama SmallAndroidPhone telah melakukan putaran di Hacker News dan Reddit.

Situs ini dibuat oleh pendiri Pebble Eric Migicovsky, dan dia membuat penawaran untuk ponsel Android kecil yang hebat.

Ini adalah kisah yang telah kami dengar berkali-kali sebelumnya: banyak orang menyukai ponsel Android kecil dan kuat, tetapi tidak banyak pilihan. Apple merilis iPhone kecil dua tahun lalu, tetapi beberapa laporan menunjukkan tidak akan ada iPhone 14 mini.

Jadi apa yang diinginkan Migicovsky? Mudah: ponsel Android tanpa kompromi dengan layar kurang dari 6 inci.

Idealnya, itu harus seukuran iPhone mini dengan kamera hebat dan prosesor andalan. Dia siap membayar harga premium $700-$800 untuk sesuatu yang sesuai dengan tagihannya.

Dia idealnya ingin meyakinkan Google — atau pembuat ponsel lainnya — untuk membuat ponsel seperti itu untuk pecinta ponsel kompak.

Tetapi dia memiliki nada lain: jika tidak ada perusahaan yang membuat ini, dan dia mendapatkan 50.000 pendukung di situs web, dia akan mendirikan perusahaan baru untuk membuat telepon genggam.

“Saya memiliki seperangkat keterampilan mkristanto dan koneksi industri yang sangat spesifik yang telah saya peroleh selama karir panjang di bisnis perangkat keras. Saya akan menggunakannya dalam pencarian bersama kami untuk mendapatkan ponsel Android kecil yang sempurna. Jika tidak ada orang lain yang akhirnya membangunnya, dan cukup banyak orang yang mendaftar… mungkin saya akan terpaksa membuatnya sendiri.”

Jadi apa saja tantangannya?

Menjadi perusahaan telepon yang hanya berfokus pada telepon kecil akan sulit. Awal tahun ini, saya menulis tentang bagaimana meskipun orang-orang di internet menuntut ponsel kompak dari waktu ke waktu, angka penjualan tidak memberikan gambaran yang positif.

Ketika saya berbicara dengan firma riset Counterpoint pada waktu itu, dikatakan bahwa pasar untuk perangkat semacam itu telah berkurang dari 81% dari keseluruhan pasar pada 2018 menjadi hanya di bawah 10% pada 2021.

Analis menyarankan bahwa ini karena teknologi intensif baterai seperti chip 5G, yang membuat ponsel yang lebih besar dengan kapasitas yang lebih besar menjadi lebih menarik. Juga, mengingat banyak orang menggunakan handset mereka sebagai perangkat komputasi utama mereka (pikirkan hal-hal seperti hiburan dan game), ponsel dengan lebih banyak real estat lebih diminati.

Jadi menciptakan rasa lapar publik yang besar akan ponsel kompak akan menjadi masalah bagi perusahaan. Jika Anda memproduksi perangkat dalam jumlah yang lebih kecil, memesan suku cadang untuk pembuatan dan perbaikan menjadi mahal — terutama jika itu adalah komponen kelas atas.

Tantangan lain akan memutuskan waktu antara iterasi. Jika Anda tidak menjual jutaan perangkat, Anda mungkin tidak dapat merilis model baru setiap tahun.

Pencarian kasar pada pencari ponsel GSMArena untuk ponsel Android dengan layar kurang dari 6 inci, tanggal rilis 2021 atau lebih baru, dan titik harga $400+, memberi saya hanya tiga hasil: Sony Xperia 10 IV, Asus Zenfone 8 , dan Cat S62.

Hanya satu dari mereka, Asus Zenfone 8, yang dapat memenuhi syarat sebagai flagship kompak. Saya menggunakan telepon tahun lalu, dan saya sangat menyukainya. Tapi saya tidak yakin apakah Asus akan merilis lanjutannya.

Migicovsky menyebutkan dalam posting blognya bahwa Apple menjual lebih dari 10 juta perangkat mini iPhone, yang merupakan angka yang bagus untuk perusahaan kecil – tetapi tidak signifikan bagi Apple. Namun, jika Anda adalah perusahaan yang bernilai triliunan dolar, Anda dapat bereksperimen dengan ukuran perangkat dan lolos begitu saja.

Untuk perusahaan baru yang berfokus pada ponsel kecil, ini mungkin tidak terjadi.

Meskipun demikian, bukan tidak mungkin untuk menjadi perusahaan telepon butik. Fairphone yang berbasis di Eropa menjual beberapa ribu unit setiap tahun — dengan keberlanjutan dan umur panjang perangkat sebagai fitur premium — dan menghasilkan keuntungan. Plus, itu tidak meluncurkan model baru setiap tahun.

Jadi ada cara agar handset mini bisa berkembang.

Dunia ponsel yang ringkas membutuhkan tidur nyenyak

Baik atau buruk, kecil kemungkinan perusahaan akan bertaruh pada ponsel Android ringkas bergaya unggulan.

Faktanya, produsen ponsel besar hanya akan tertarik untuk mengeluarkan ponsel premium dengan ukuran ini jika model kelas menengah atau rendah berhasil.

Neraka, data analis menunjukkan bahwa iPhone SE mendominasi pasar smartphone kecil dengan 24%, dan itu terutama karena iPhone murah, dan bukan yang kecil.

Meskipun orang-orang di media dan bagian komentar online dengan keras tentang keinginan mereka untuk kompak, handset andalan, tampaknya ada kesenjangan antara kelaparan dan angka penjualan yang sebenarnya.

Sungguh, perusahaan perlu membuktikan ada pasar untuk ponsel kecil — dan salah satu cara untuk menarik pelanggan adalah dengan membuat model yang murah.

Di dunia Android, Google Pixel 4a adalah contoh yang bagus: ia memiliki layar 5,81 inci, kamera hebat, dan titik harga di bawah $400. Sangat menyedihkan bahwa Google tersedot pada distribusi dan pemasaran di seluruh dunia, jika tidak, perangkat ini dapat membuat dunia terbakar.

Yang kami butuhkan adalah beberapa perusahaan yang membuat ponsel kompak dengan taburan fitur tenda dan harga yang ramah kantong. Jika ini berhasil, itu bisa memicu kebangkitan ponsel kecil. Aku hanya berharap kita bisa melihat hari itu segera.